4 Trik Desain Logo Café yang Ciamik

4 Trik Desain Logo Café yang Ciamik

Saat ini, banyak yang mencoba untuk membangun café terutama ketika kopi semakin diminati oleh masyarakat. Banyaknya bisnis café membuat Anda mau tidak mau harus membuat desain logo café yang unik. Dengan begitu, orang akan lebih mudah membedakan mana café milik Anda dan mana milik orang lain.

Namun, bagaimana membuat desain logo café yang unik?  Ada beberapa tips untuk Anda agar bisa membuat logo yang unik, diantaranya:

  • Tentukan Segmen Pasar

Umumnya, café memiliki segmen pasar anak muda. Namun, tidak semua café menentukan segmen pasar tersebut.

Anda bisa mencoba untuk membuka café dengan segmen para pesepeda mengingat saat ini semakin banyak orang yang bersepeda.

Sebagai catatan, segmen pasar ini tidak hanya akan berpengaruh pada logo yang Anda buat tapi juga menu dan harganya. Jika logo terlihat biasa saja tapi harga menunya terlalu tinggi, akan terlihat tidak seimbang. Jadi, tentukan dulu segmen pasar Anda ya.

  • Filosofi

Bisa dikatakan, filosofi ini tidak hanya berpengaruh pada jenis logonya tapi juga keseluruhan bisnis café yang Anda bangun. Bisa dikatakan, filosofi ini berkaitan dengan tren apa yang Anda bangun hingga image apa yang ingin ditampilkan.

Misalnya Anda ingin mengangkat mengenai sisi tradisional dari kopi, maka Anda bisa membuat desain logo yang terlihat sangat tradisional.

4 Trik Desain Logo Café yang Ciamik
4 Trik Desain Logo Café yang Ciamik
  • Sederhana dan Fleksibel

Sebisa mungkin Anda harus membuat logo yang sederhana dan fleksibel. Kenapa? karena logo tersebut akan dibuat dalam jangka waktu yang lama.

Tidak sedikit perusahaan atau pemilik bisnis yang mengganti logonya hingga beberapa kali karena sudah dirasa tidak pas. Tidak pas bisa dalam konteks zamannya, penempatannya hingga segmen pasar yang meluas atau mengerucut.

Maka dari itu, jangan heran jika akhirnya banyak logo café yang terlihat sederhana tapi harganya sangat mahal.

Tidak hanya sederhana, Anda juga perlu mempertimbangkan sisi fleksibilitasnya. Artinya, logo tersebut tidak hanya cocok dipasang di baliho ataupun media cetak, tapi juga media elektronik. Misalnya di media sosial ataupun website.

(baca: Desain web sederhana)

  • Unik

Unik tidaknya suatu logo memang relevan. Bisa saja logo itu unik menurut Anda tapi tidak berlaku untuk orang lain.

Namun, keunikan dari suatu logo akan membantu proses branding yang Anda lakukan. Semakin unik logonya, maka akan membuat orang lain semakin mengenali bisnis café Anda lewat logo.

Memang tidak mudah untuk mencari dan membuat desain dengan logo yang unik, tapi, Anda bisa mencari sumber inspirasi dari manapun. Selain itu, Anda tidak perlu terlalu idealis. Berpikir out of the box akan membantu Anda untuk menemukan desain logo yang unik untuk café Anda.

Setelah Anda mengaplikasikan trik desain logo cafe tersebut, coba minta pendapat dari orang luar. Misalnya orang yang sama sekali tidak tahu konsepnya dan coba tanyakan pendapatnya untuk membantu Anda revisi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan desain logo yang sesuai dengan yang diinginkan.