Apa yang dimaksud dengan Video Dokumenter

Video merupakan salah satu bukti dari perkembangan teknologi yang sangat cepat. Pada zaman sekarang, video seakan tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari hari. Salah satu jenis video adalah video dokumenter . Video dokumenter  sejak dulu sudah ada, hanya kualitas yang sangat berbeda dengan video dokumenter  pada zaman sekarang. Video dokumenter  digunakan untuk menceritakan suatu fenomena keseharian.

Materi dokumenter  sendiri dapat berupa cerita tentang keprihatinan social, pengalaman hidup, ataupun kilas balik yang pernah terjadi dan terdapat kaitannya dengan masa sekarang. Video dokumenter  tidak pernah lepas dari tujuan dalam penyebaran informasi pendidikan dan propaganda bagi orang atau kelompok tertentu, intinya video dokumenter  selalu berusaha menayangkan hal-hal senyata mungkin.

Kunci utama dari video dokumenter  adalah rangkaian peristiwa nyata adanya, serta tokoh dan lokasi dalam cerita bersifat nyata, dan tidak dibuat-buat dengan kesengajaan sehingga menyimpang dari fakta aslinya. Berikut ini adalah kriteria video dokumenter  yang bias dikatakan bagus:

  • Pemeran merupakan actor yang sesungguhnya
  • Tidak memiliki tokoh antagonis dan protagonist
  • Struktur film sederhana
  • Film bukan hasil rekayasa

Bentuk Video Dokumenter

  1. Dokumenter berdasarkan stock shot

Merupakan bentuk dokumenter  yang tinggal menyusun daftar shot yang diperlukan dan mencarinya di perpustakaan.

  1. Dokumenter yang didramatisir

Format yang satu ini lebih sesuai dengan model screenplay teatrikal, dikarenakan pada aspek visual dan keasliannya dapat diketahui sebelumnya dan dapat direncanakan layaknya sebuah drama yang disutradarai.

  1. Dokumenter Model Instruksional

Format ini termasuk jenis dokumenter  yang sebenarnya karena shootingnya tidak dapat direncanakan. Video dokumenter  ini mengajarkan bagaimana melakukan berbagai hal yang mereka ingin lakukan.

 

Unsur-unsur video dokumenter

Didalam sebuah video dokumenter , terdapat dua unsur yang sangat utama, yaitu:

  1. Gambar (visual), merupakan gambar yang diambil saat peristiwa tertentu. Orang-orang yang direkam dalam video tersebut benar-benar ada dan pernah ada, bukan digantikan oleh seorang stuntman atau seorang pemeran pengganti yang menggantikan peran orang tersebut.
  2. Kata-kata (verbal), kata-kata dalam video dokumenter harus benar-benar sama dengan subyek yang menjadi tokoh dalam video dokumenter   Biasanya kata-kata mereka berupa kesaksian atas sejarah ataupun peristiwa yang pernah ada. Namun, kata kata dari tokoh pemeran utama dapat berasal dari seorang narrator atau narasumber untuk menggambarkan peristiwa maupun memberikan keterang tentang kejadian tertentu pada tampat yang sudah dishoting dalam gambar sebelumnya.

Demikian lah pembahsan tentang video dokumenter , mengenai pengertian, materi, bentuk, serta unsur-unsur yang harus ada dalam video dokumenter.

https://rugeek.net