Apa itu Video Pembelajaran

Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, penggunaan media dalam bidang pendidikan, khususnya dengan media video sudah menjadi tuntutan yang sangat mendesak. Hal ini dikarenakan sifat bidang pembelajaran sendiri yang sangat kompleks, karena dengan bermodal penjelasan dari guru saja sering kurang. Maka dari itu, agar mendapat hasil yang maksimal, diperlukan media tambahan, salah satunya adalah media video.

Video merupakan serangkaian gambar gerak yang disertai suara yang membentuk suatu kesatuan yang dirangkai menjadi alur, dengan pesan-pesan didalamnya untuk ketercapaian tujuan pembelajaran yang disimpan dengan proses penyimpanan pada media pita atau disk (Arsyad, 2004:36 dalam Rusman dkk 2011;218).

 

Menurut Heinich, Molenda, Russel 1993:188 dalam Rusman dkk 2011:218) video dapat diartikan sebagai berikut:

“The primary meaning of video is the display of pictures on a television type screen (the latin word video literally meaning “I see”. Any media format that employs a chatode-ray screen to present the picture portion of the message can be refferd to as video.”

Bila diterjemahkan dapat diartikan sebagai tampilan dari berbagai gambar dalam sebuah televisi atau sejenis layar. Dalam bahasa latin video diartikan sebagai “Saya lihat (I see)”. Setiap format media yang menggunakan sinar katoda untuk menampilkan bagian gambar dari sebuah pesan dapat dikategorikan sebagai video.

Salah satu dari macam Video adalah Video Pembelajaran yang merupakan suatu media yang dirancang khusus secara sistematis dan berpedoman pada kurikulum yang berlaku serta dalam perkembangannya dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dengan begitu peserta didik dapat mencermati materi pembelajaran secara lebih mudah. Secara fisik video pembelajaran merupakan program pembelajaran yang dapat dikemas dalam kaset, hardisk, memory, dan sebagainya serta disajikan menggunakan peralatan VTR atau VCD player maupun TV Monitor.

 

 

Karakteristik Video Pembelajaran

Menurut Cheppy Riyana (2007:8-11) untuk menghasilkan video pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan efektivitas penggunanya, maka pengembangan video pembelajaran harus memperhatikan karakteristik dan kriterianya. Berikut ini adalah Karakteristik dari Video Pembelajaran:

  1. Clarity of message (kejelasan pesan)

Sejatinya video pembelajaran berfungsi untuk mempermudah penerimaan pesan atau informasi kepada para siswa, namun hal itu akan sangat sulit jika pesan yang disampaikan tidak jelas. Jadi pesan yang terkandung harus jelas.

  1. Stand Alone (berdiri sendiri)

Video yang dikembangkan tidak bergantung pada bahan ajari lainnya atau tidak harus menggunakan bahan ajar lainnya secara bersamaan.

  1. User Friendly (akrab dengan pemakainya)

Media video yang diajarkan harus menggunakan bahasa yang sederhana agar mudah dimengerti dan bersifat bersahabat dengan pemakainya.

  1. Representasi Isi

Materi yang dijelaskan harus bersifat representatif, misalnya materi simulasi atau deminstrasi. Pada dasarnya ada banyak materi yang bersifat representatif, contohnya adalah social, sains, dan sebagainya.

  1. Visualisasi dengan media

Materi yang dijelaskan harus dikemas secara multimedia dan terdapat tes, animasi, sound, maupun video sesuai tuntutan materi.

  1. Menggunakan kualitas yang tinggi

Tampilannya harus berupa grafis dengan kualitas tinggi agar mudah dilihat serta tentunya mudah dipahami.

  1. Dapat digunakan secara individu maupun kelompok

Video pembelajaran dapat digunakan oleh para siswa secara individu maupun berkelompok, tidak hanya di lingkup sekola, dapat juga dalam lingkup masyarakat pada umumnya.

jasa video editor