Cara Membuat Watermark di Corel Draw

Cara Membuat Watermark di Corel Draw

rugeek.net – Apa sebenarnya tujuan watermark? Watermark merupakan sebuah identitas yang berfungsi sebagai hak cipta untuk melindungi hasil karya sehingga tidak dibajak oleh orang lain. Ketika anda membuka usaha atau bisnis, tentu saja anda harus memberikan watermark pada karya anda atau foto produk anda untuk menghindari diambil orang lain. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengenal bagaimana cara membuat watermark di Corel Draw dengan mudah dan sederhana. Pada artikel kita sebelumnya kita telah membahas menganai tekhnik pembuatan ilustrasi menggunakan cat air. Untuk bisa membuatnya dengan cepat, maka ikutilah langkah di bawah ini ya!

Source : yandex

1. Masukkan foto atau gambar yang ingin diberi watermark

Cara membuat watermark di Corel yang pertama adalah tentu saja memasukkan foto atau gambar yang ingin anda beri watermark. Sebelumnya anda pilih create new project, kemudian masukkan ukuran kertas yang diinginkan dan klik OK. Setelah itu import foto atau gambar yang ingin diberi watermark kemudian sesuaikan dengan ukuran kertas yang tadi telah anda buat.

2. Menambahkan text

Cara membuat watermark di Corel yang kedua setelah menambahkan gambar atau foto yang anda ingin berikan watermark adalah dengan menambahkan tulisan atau text. Anda bisa klik pada bagian text tool yang ada di bagian tool box, kemudian ketik watermark dengan tulisan yang kita inginkan. Anda bisa menuliskan watermark dengan menggunakan nama brand atau nama bisnis anda.

3. Mengubah warna text

Cara membuat watermark di Corel yang ketiga adalah dengan mengubah warna text yang telah anda buat tadi. Cara mengubah warna tulisannya bisa dengan klik color palette yang biasanya ada di bagian kanan. Anda bisa mengubah warna sesuka anda, namun biasanya untuk warna bisa digunakan warna putih.

4. Menyalin text watermark

Cara membuat watermark di Corel yang keempat adalah dengan menyalin text tersebut dengan cara tekan tombol Ctrl+D untuk menggandakan tks kemudian geser ke samping kanan dengan blend tool dan juga mengubahnya menjadi kurva menggunakan Ctrl+K. Anda juga bisa mengatur angle dari watermark anda, coba untuk mengaturnya menjadi 15 derajat di option angle of rotation sehingga tulisan akan sedikit miring. Selanjutnya anda pilih transparency tool di toolbox, anda bisa mengatur transparency sesuai dengan keinginan anda.

Itu tadi beberapa langkah-langkah yang bisa kami bagikan kepada anda mengenai cara membuat watermark di Corel. Sebenarnya cara membuat watermark ini bisa anda lakukan juga di aplikasi lainnya, namun akan terasa lebih mudah jika anda menggunakan text watermark di Corel Draw. Semoga tips ini bisa membantu anda yang sedang membuat watermark untuk foto atau gambar bisnis anda sehingga tidak diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga artikel yang kami berikan bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya ya!