Teknik Dalam Penulisan Press Release Yang Benar

 

Seorang praktisi Public Relations atau Corporate Communication harus memiliki kemampuan dalam menyusun naskah press release. Meskipun saat ini tugas tersebut sebagian besar telah dialihkan ke Corporate Secretary atau Investor Relations. Menyusun naskah press release merupakan pekerjaan yang susah-susah gampang. Tidak semua orang dapat menyusun naskah press release dengan benar. Namun, tak menutup kemungkinan pula bagi Anda untuk menguasai teknik penulisannya. Pada kesempatan kali ini, akan membahas secara tuntas bagaimana cara menulis naskah press release dengan teknik yang cukup sederhana. Untuk lebih lanjut, mari simak ulasan berikut ini :

Pikirkan dan Cari Intisari

Sebelum memulai menyusun naskah press release, hal pertama yang wajib dilakukan adalah memikirkan dan menentukan intisari dari informasi yang akan disampaikan melalui release kepada masyarakat. Anda harus menentukan tema press release terlebih dahulu. Jika sudah menentukan tema, maka dapat Anda jadikan judul untuk press release.

Jika Anda merasa judul tersebut belum optimal, maka Anda juga bisa menentukan subjudul release yang berfungsi sebagai pengembangan dan penajaman judul utama. Subjudul pun dapat Anda gunakan sebagai pemikiran dari press release yang Anda susun. Karena sub judul dapat Anda kembangkan sedemikian rupa supaya dapat mencerminkan isi dari press release Anda.

Gunakan Metode Piramida Terbalik

Mungkin Anda sudah tidak awam lagi dengan kata-kata piramida terbalik ini. Penggunaan metode piramida terbalik ini benar-benar sangat penting untuk menciptakan tulisan yang sangat menarik dan berkualitas. Pada press release, bagian awal konten setelah judul utama dan subjudul dapat Anda isi dengan lead (news lead). Pada bagian ini, Anda harus menyusun rangkaian kata-kata sehingga membentuk paragraf yang dapat menjelaskan isi dari keseluruhan release tersebut. News lead merupakan ujung tombak dari sebuah press release karena ketika pembaca membaca release Anda, bagian kedua yang akan mereka baca setelah judul adalah lead. Jika lead pada release tidak menjelaskan intisari dari release Anda, maka pembaca tidak akan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan secara menyeluruh dan begitu pula sebaliknya.

Gunakan unsur 5W+1H

Dalam menulis berita, unsur 5W+1H sangat bermanfaat dalam menyampaikan informasi dengan tepat dan benar. Unsur 5W+1H merupakan patokan dasar dalam menyusun news lead pada press release Anda. Dengan menggunakannya, Anda sudah berhasil menyampaikan garis besar atas informasi tersebut. Untuk bagian isi/konten press release, Anda dapat menjelaskan news lead secara lebih mendalam. Pada paragraf ini, Anda bisa menjelaskan beberapa unsur saja seperti what, why, dan how. Sedangkan pada paragraf selanjutnya, Anda bisa menjelaskan unsur where, when, dan who. Meskipun demikian, sekali lagi Anda sampaikan urutan penjelasan unsur 5W+1H tidak mengikat dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Gunakan Ilustrasi yang Menarik

Penggunaan ilustrasi yang menarik pada press release bertujuan untuk meningkatkan rasa keingintahuan pembaca atas release Anda. Dengan menggunakan gambar ilustrasi yang menarik secara tidak langsung memberikan gambaran kepada pembaca mengenai isi press release Anda. Selain itu, penggunaan foto yang memiliki nilai story telling tentunya tak hanya sebatas fungsi estetika semata tapi juga dapat menambah kedalaman informasi.

Berikut adalah teknik dalam penulisan press release yang baik. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda. Baca juga informasi menarik lainnya mengenai aplikasi sosial media marketing terbaru.