contoh ilustrasi cat air

Teknik Pembuatan Ilustrasi Menggunakan Cat Air

Dalam pembuatan ilustrasi, seorang ilustrator dapat menggunakan berbagai macam cara yang sesuai dengan style yang dimiliki. Salah satunya adalah dengan menggunakan cat air. Cat air ini sendiri termasuk alat lukis yang paling banyak dipergunakan.

Agar hasil ilustrasi yang Anda buat tersebut semakin keren, ada beberapa teknik yang bisa Anda gunakan. Misalnya dengan menggunakan benda seperti berikut ini.

  • Garam

Garam tidak hanya bermanfaat untuk memasak namun juga membuat ilustrasi, misalnya memberikan efek seperti pecah-pecah atau nebula yang ada di luar angkasa. Untuk menggunakan garam, maka Anda harus mewarnai area yang ingin diwarnai. Kemudian saat masih basah, taburkan garam secukupnya di atas cat tersebut. Tunggu hingga kering dan Anda bisa lihat hasilnya.

  • Tisu

Anda bisa menggunakan tisu untuk membuat ilustrasi Anda terlihat keren. Caranya adalah warnai area seperti bagian background, lalu remas tisu dan tempelkan ke permukaan area yang masih basah tersebut. Pastikan jika tisu tersebut tidak menghapus seluruh warna.

tisu
tisu

Anda bisa menunggu hingga warna hampir kering kemudian angkat tisu secara perlahan. Namun, jangan mengangkat tisu saat cat air benar-benar kering karena tisu akan menempel di media kertas yang Anda gunakan.

  • Alcohol

Jika Anda hanya memiliki alcohol di rumah, Anda bisa menggunakan cairan tersebut dan cotton bud untuk membuat ilustrasi semakin unik. Caranya adalah celupkan cotton bud di alcohol lalu tempelkan atau teteskan alkohol tersebut di area gambar yang masih basah karena cat air. Tunggu hingga kering untuk tahu hasil yang lebih maksimal.

  • Crayon dan Lilin

Crayon dan lilin memiliki kandungan minyak yang akan membuat cat air tidak bisa menempel. Jadi, Anda bisa membuat ilustrasi seolah dalam pembuatan ilustrasi tersebut seperti menumpuk gambar.

Caranya adalah dengan gambar di permukaan kertas menggunakan lilin atau crayon putih. Setelah selesai, Anda bisa mewarnai dengan cat air agar motif yang Anda buat dengan crayon tersebut menjadi terlihat.

  • Bolpoin dan Tinta

Cara ini sangat sederhana dan biasanya dilakukan untuk menebalkan bagian luar dari gambar tersebut. Agar tinta tidak melebar, gunakan tinta ketika gambar Anda sudah kering.

teknik ilustrasi cat air
teknik ilustrasi cat air. pic: today.line.me
  • Tetesan Air

Ketika cat air masih basah, gunakan campuran antara cat air dan air dengan komposisi air yang masih basah untuk ditetesi. Lalu teteskan di bagian yang Anda inginkan untuk membuat ilustrasi Anda menjadi semakin keren.

  • Percikan

Ingin memiliki gambar ilustrasi yang ada percikannya? Anda bisa menggunakan teknik percikan yaitu dengan mengetuk-ngetuk kuas misalnya dengan kuas lain di area yang ingin Anda beri percikan.

  • Transparan

Untuk gambar yang transparan atau bergradasi, Anda bisa menggunakan warna yang cerah terlebih dahulu. Setelah kering, tumpuk dengan warna yang gelap. Namun, posisikan cat air yang gelap tersebut di samping atau tidak menumpuk semuanya di bagian yang transparan agar efek transparan terlihat.

Dengan teknik pembuatan ilustrasi tersebut, sudah siap untuk membuat karya baru? Selamat mencoba dan semoga berhasil.