Apa Itu Backlink Berkualitas untuk Website?

Apa Itu Backlink Berkualitas untuk Website?

Bagi banyak orang, mendapatkan backlink itu mudah, tapi sebagian lagi menganggap sebaliknya. Padahal dalam membuat backlink, Anda perlu membuat backlink yang berkualitas. Namun, apa itu backlink berkualitas?

Berkualitas atau tidaknya suatu website, tergantung dari kriteria seperti berikut:

  • Adanya Relevansi

Backlink dinyatakan sebagai backlink yang berkualitas dilihat dari relevansinya. Relevansi dalam hal ini berkaitan dengan sumber backlink dan website Anda. Jika ada kaitannya, maka backlink tersebut disebut sebagai backlink yang berkualitas.

Namun, untuk jenis backlink nofollow, banyak yang menanam backlink ini di website yang bahkan tidak ada kaitannya. Hal tersebut bisa saja dilakukan tapi, agar lebih bernilai atau berkualitas, maka Anda perlu memilih website yang relevan dan berotoritas tinggi.

  • Memiliki Pengaruh atau Authority

Hanya mengandalkan relevansi website saja tidak cukup. Anda tentu harus mendapatkan backlink dari website yang memiliki pengaruh.

Bagaimana caranya mengetahui website yang berpengaruh atau tidak? Caranya adalah dengan menggunakan tools seperti Ahref, Moz, SEMRush.

Anda perlu menuliskan atau mengumpulkan list website yang menurut Anda memiliki relasi dengan website Anda. setelah itu, Anda bisa mengeceknya satu per satu untuk mengetahui otoritas website yang dimiliki.

Jika dirasa DA/PA cukup tinggi untuk meninggalkan backlink, maka Anda bisa memasukkan website tersebut ke daftar list sumber backlink.

  • Memiliki Trafik Tinggi

Jika ditanyakan tentang apa itu backlink berkualitas, maka Anda bisa menjawab backlink yang berasal dari website bertrafik tinggi.

Apa Itu Backlink Berkualitas untuk Website?
Apa Itu Backlink Berkualitas untuk Website?

Kenapa? Karena dengan trafik tinggi dari sumber backlink akan membantu agar website Anda mendapatkan traffic dan popularitas.

  • Bertahan Lama

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang bertahan lama. Seberapa lama? Selama mungkin.

Ini karena banyak backlink yang hanya bertahan selama beberapa saat. Alasannya? Banyak, diantaranya:

  1. Domain atau hosting yang expired.
  2. Kualitas konten dirasa kurang.
  3. Ada kesalahan penulisan.

Jika backlink tersebut bisa bertahan lama, maka Anda juga akan mendapatkan backlink tanpa perlu melakukan pembaharuan lagi.

  • Natural

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang natural. Maksud natural dalam hal ini adalah tidak berlebihan dan tidak membuat spam.

(baca: daftar backlink generator berkualitas)

Ketika Anda melakukan spam backlink dan hal tersebut dideteksi oleh mesin pencari seperti Google, maka website Anda bisa terkena pinalti.

  • Terindeks Mesin Pencari

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang bisa terindeks oleh mesin pencari seperti Google. Ketika website tersebut sudah terindeks oleh google, maka website akan ditampilkan di halaman pencarian yang sesuai dengan keyword yang dimasukkan user.

Jika Anda sudah menanam backlink, Anda perlu mengecek apakah hasilnya berkualitas atau tidak. Jika hasilnya ternyata kurang berkualitas, maka sebaiknya di hapus ya.

Semoga informasi tentang apa itu backlink berkualitas bisa bermanfaat ya.