instagram tv

Mengenal Fitur Baru Instagram, IGTV

Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang banyak dipergunakan terutama anak muda. Di platform ini, Anda bisa berbagi informasi, koleksi seperti gambar atau video, dan berjualan. Untuk memanjakan para penggunanya, Instagram meluncurkan fiturnya yaitu IG TV.

Untuk tahu apa itu IG TV, simak informasi di halaman berikut ini.

Pengertian IG TV

Instagram TV atau IG TV merupakan fitur dari instagram yang memungkinkan Anda untuk mengunggah video dengan durasi hingga 1 jam. Video yang tayang di IG TV memiliki format vertical.

Untuk membuat IG TV maka Anda harus membuat channel dan nantinya akan dihubungkan dengan profil instagram yang Anda miliki. Bahkan saat ini, Anda bisa memposting cuplikan dari IG TV di feed Anda dan untuk melihat lebih lengkap tentang video tersebut, bisa langsung ke IG TV.

IG TV berbeda dengan Youtube. Ini karena saat ini IG TV lebih fokus pada video vertikal dan dengan durasi maksimal 1 jam untuk channel dari akun besar, sedangkan youtube bisa vertikal/horizontal. Selain itu, youtube juga memiliki durasi video yang bisa lebih panjang dari 1 jam.

Dengan adanya IG TV ini Anda bisa berbagi tips lebih panjang ataupun mengunggah konten video dengan durasi lebih panjang. Namun, untuk menggunakannya, Anda harus menginstal aplikasi IG TV lebih dahulu kemudian membuat channel. Ketika sudah memiliki channel, Anda bisa langsung mengunggah video ataupun melihat video dari channel lainnya.

Apakah bisa like videonya? Bisa. Anda bisa meninggalkan komentar ataupun like di video yang Anda sukai. Bahkan, instagram menyediakan reaksi emoji yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda.

Kategori dalam IG TV

Pada IG TV, Anda akan menemukan folder atau directory ketika mengakses fitur instagram ini. terdapat 4 jenis kategori directory yaitu:

  1. For you: berisi konten yang direkomendasikan instagram sesuai dengan video yang Anda sukai.
  2. Following: konten video yang dapat Anda lihat berdasarkan pada akun yang sudah Anda ikuti.
  3. Popular: konten video yang sedang viral atau popular. Jika dibandingkan, jenis kategori ini hampir sama dengan fitur explore yang ada pada instagram.
  4. Continue watching: konten video yang sebelumnya sudah Anda lihat namun belum selesai dan bisa Anda lanjutkan untuk ditonton.

Itulah fitur IG TV dari instagram. Walaupun saat ini Anda hanya bisa fokus mengunggah video secara vertikal, tidak menutup kemungkinan jika kedepannya akan dibuat fitur yang lebih canggih. Misalnya video yang diunggah bisa horizontal.

Semoga informasi di halaman ini bermanfaat untuk Anda ya.